Contactez-nous

Tips Agar Baterai Laptop Jadi Lebih Awet

Saat ini kebutuhan akan barang eletronik seperti sangat tinggi, terutama untuk masyarakat menenagah ke atas yang menggunakan laptop untuk menunjang berbagai aktivitas, mulai dari mengerjakan tugas kuliah, menyelesaikan pekerjaan, hingga untuk browsing internet. Laptop tentunya bisa menjadi perangkat multifungsi yang dapat bekerja dengan baik berkat komponen-komponen yang ada di dalamnya. Salah sau komponen penting dalam laptop adalah baterai. Ya, baterai diibaratkan sebagai "nyawa" dari laptop yang mana jika tidak ada baterai maka laptop tidak akan bisa menyela dan beroperasi.

Saat ini sudah banyak laptop yang menggunakan baterai berteknologi tinggi yang jauh lebih awet dan tahan lama saat digunakan. Akan tetapi, masih banyak juga laptop yang belum dilengkapi dengan baterai berteknologi tinggi tersebut. Daya baterai yang cepat habis merupakan masalah yang sering dialami oleh pengguna laptop. Apalagi saat laptop dibawa berpergian. Tentunya akan sangat merepotkan jika laptop kehabisan daya baterai saat sedang dalam perjalanan. Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda coba agar baterai laptop anda lebih awet.

1. Charge Sebelum Baterai 0%

Agar betarai anda lebih awet, jangan menunggu hingga daya baterai benar-benar habis hingga 0%. lebih baik anda segera men-charge laptop anda ketika daya baterainya kurang dari 15%. jika anda menunggu baterai laptop anda benar-benar habis dan bahkan sampai laptop mati dapat berdampak buruk terhadap performa baterai laptop anda. Jika kebiasaan tersebut terus dilakukan, maka maka dapat menyebabkan baterai anda menjadi aus sehingga akan cepat sekali kehabisan daya.

2. Biarkan Laptop "Bernapasa"

Biasanya ketika sedang santai, seseorang akan memilih untuk bermalasa-malasan di kasur atau sofa sambil memainkan laptop. Jika anda termasuk orang yang seperti itu, maka mulai saat ini anda harus menghentikan kebiasaan tersebut. Hal itu karena meletakkan laptop di tempat yang empuk sepeti kasur, bantal, atau sofa dapat menghalangi jalan udara di laptop yang fungsinya untuk mengeluarkan suhu panas dari dalam laptop. Nah, terhambatnya sirkulasi udara ni dapat menyebabkan baterai dan laptop anda menjadi semakin panas. Jika laptop sering kepanasan tentunya akan berdampak buruk terhadap laptop terutama baterainya. Jika terpaksa menggunkan laptop di atas kasur atau sofa, lebih baik anda menggunakan cooling mat yang berfungsi untuk mendinginkan laptop.

3. Menjaga Kebersihan Laptop

Kebersihan harus selalu anda perhatikan jika ingin membuat baterai laptop anda lebih awet. Jika laptop tidak sering dibersihksn dapat menyebabkan debu-debu menempel pada laptop dan menyumbat lubang ventilasi yang terdapat pada bagian bawah laptop. Lubang ventilasi yang tersumbat tentunya akan menghambat aliran udara dari dan ke laptop sehingga menyebabkan suhu laptop dan baterai menjadi cepat panas. Selain lubang ventilasi, anda juga harus membersihkan baterai laptop. Caranya sangat mudah, yaki anda hanya perlu memberihkan baterai laptop dengan menggunakan kain yang ditetesi dengan cairan alkohol. Kenapa harus alkohol? Hal itu karena alkohol berfungsi untuk menjaga kestabilan daya listrik yang akan mengalir ke laptop.

4. Hindari Tempat Panas

Penempatan laptop ternyata juga dapat mempengaruhi kinerja baterai leptop lho. Jangan letakkan laptop di tempat yang langsung terpapar sinar matahari karena dapat mempersingkat umur laptop anda. Lebih baik anda letakkan di tempat yang tertutup dan memiliki suhu sekitar 20-25 derajat celcius.


Lihat juga:

http://dbagus.com/cara-mengeriting-rambut-tanpa-alat-catok

http://disehat.com/penyebab-dan-cara-mengobati-vertigo-secara-alami/

http://forumteknologi.com/thread-game-rpg-offline-terbaik-untuk-pc-2016

http://forumteknologi.com/thread-jenis-jenis-os-android

http://forumteknologi.com/thread-cara-menggunakan-aplikasi-camera360

http://forumteknologi.com/thread-cara-kerja-google-glass

http://forumteknologi.com/thread-review-spesifikasi-nokia-xl

http://forumteknologi.com/thread-spesifikasi-blackberry-z3

http://forumteknologi.com/thread-aplikasi-wajib-di-install-di-android

http://forumteknologi.com/thread-minta-solusi-flicker-screen